Perkenalkan! Ini Burung Mepasa, Maskot Resmi Pilgub Papua

By November 22, 2017Asiki News

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub), pada Sabtu akhir pekan kemarin, di Jayapura.

Lembaga penyelenggara Pilkada ini juga memperkenalkan maskot burung Mepasa (menuju Papua satu) . Maskot hasil karya Fachrul Rrozy itu, akan menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, 27 Juni 2018 mendatang.

Ketua KPU Papua Adam Arisoi berharap maskot tersebut mampu menginspirasi masyarakat yang merasa diri saya, ko atau kita semua orang Papua, agar mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Papua.

“Saya ajak kita memilih di TPS pada 27 Juni 2018, sebab pemimpin yang kita pilih itu akan membawa arah pembangunan provinsi ini selama lima tahun mendatang,” ucapnya.

Selain maskot, KPU Papua juga menetapkan jingle ciptaan Yance Runawei sebagai lagu singkat Pilgub 2018 mendatang. Lagu tersebut dipandang memenuhi kriteria karena sesuai dengan karakteristik budaya Papua, karena bernada mars.

Adam Menambahkan, dengan peluncuran tahapan, maskot maupun jingle Pilkada 2018, diharapkan partai politik sebagai pengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur, agar segera memainkan perannya, supaya pemilihan kepala daerah tahun depan bisa terlaksana secara baik, aman dan damai.

Ia pun mengimbau kepada para pemerhati demokrasi di Papua, agar dapat memberikan masukan secara langsung kepada KPU tanpa menyindir melalui media sosial. “Jangan saling hujat di media sosial. Kalau ada masukan kantor kami terbuka,” terangnya.

Ketua Bawaslu Papua Peggy Watimena mengapresiasi peluncuran tahapan Pilkada 2018. Dengan di launchingnya Pilgub, maskot dan jingle KPU Papua 2018, diakuinya seluruh tahapan Pilkada menjadi legal dan resmi.

“Karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada KPU sehingga kami sebagai penyelenggara juga sudah bisa laksanakan tugas untuk mengawasi dan mengawal Pilkada di provinsi ini. Semoga semua pihak tetap melaksanakan tugas sesuai aturan dan tanggung jawab kita,” sebutnya.

Kabag Bin Ops Biro OPS Polda Papua AKBP Siporo menyampaikan hal senada. Menurut dia, pihak keposian siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2018.

“Untuk mengawal pelaksanaan Pilkada Gubernur 27 Juni 2018, kami siap dan sudah menyampaikan kepada seluruh jajaran kami di kabupaten dan kota, untuk dapat terus berkoordinasi dengan KPU supaya Pilgub 2018 bisa berjalan aman dan dalam perlindungan Tuhan,” harapnya.

 

Sumber : papua.co.id

Leave a Reply