Skip to main content

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa – Sejumlah pekerja melakukan perawatan salah satu venue pertandingan PON Papua XX, di stadion Katalpal, Kabupaten Merauke, Papua.

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memberikan izin pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang digelar pada 2-15 Oktober 2021 digelar dengan kehadiran penonton. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Briefing virtual, Senin (30/8).

Vaksinasi pun menjadi syarat utama yang harus dipatuhi masyarakat atau pendukung cabang olahraga agar bisa melihat langsung atlet saat bertanding nanti.

“Tadi sudah diputuskan oleh bapak presiden (dalam ratas) bahwa penonton yang diperkenankan nonton PON adalah yang sudah tervaksinasi dan PON ini akan dilakukan dengan penonton terbatas,” jelas Menparekraf.

Untuk berapa kapasitas yang diperbolehkan dalam satu arena atau stadion saat pertandingan PON, Sandiaga menerangkan masih dirumuskan oleh pemerintah. Dia menegaskan, penonton yang hadir nantinya juga yang diundang oleh pemerintah.

Selain itu Sandiaga menyinggung upaya pemerintah dalam mendongkrak ekonomi kreatif dalam momentum pergelaran ajang nasional itu, yakni panitia menyediakan noken yang merupakan tas tradisional masyarakat Papua, sebagai merchandise PON XX.

“Saat pon diselenggarakan nanti, pihak penyelenggara menyediakan 25 ribu noken, produk ekonomi krearif griya sebagai merchanidise bagi atlet dan official,” jelas Politikus Gerindra ini.

Sandiaga berharap pergelaran tersebut dapat meningkatkan ekonomi warga Papua, baik lewat penjualan merchandise atau lainnya.

“PON Papua ini kita sambut baik dan diharapkan memberi dampak pada pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, kita gunakan sebagai potensi budaya hingga ekonomi kreatif yang sangat kaya raya di Papua,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman menegaskan, tidak ada penundaan PON tahun ini, seperti pada 2020 lalu karena pandemi Covid-19.

Ihwal persoalan kemanan, Marciano menegaskan, Polda Papua beserta Kodam XVII/Cenderawasih memastikan multieven olahraga nasional itu bisa berjalan aman dan nyaman. Personel keamanan disiapkan di empat titik wilayah penyelenggara PON yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. (OL-4)