Kepala Dinas Perikanan Provinsi Papua, FX Mote.

 

JAYAPURA,- Produksi perikanan di Provinsi Papua selam lima tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan, baik itu pendapatan perkapita nelayan, kesejahteraan nelayan, usaha budidaya, stok ikan di masyarakat dan lain-lain.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Papua, FX Mote, menjelaskan, apa yang diprogramkan kepemimpinan gubernur Papua Lukas Enembe dengan tagline “Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera” itu ada peningkatan dari program-program yang sudah ada, baik perikanan tangkap, perikanan budidaya, perikanan pengolahan maupun sarana dan prasarana perikanan.

Tapi khususnya untuk perikanan tangkap dan perikanan budidaya, ujarnya, pihaknya cukup banyak melaksanakan program pemerintah. Perikanan tangkap, diantaranya, pengadaan Kartu Nelayan, Kartu Asuransi, pengadaan kapal nelayan, pembentukan kelompok-kelompok nelayan, perlindungan terhadap nelayan asli Papua.

Lalu juga banyak upaya lain menyangkut perikanan budidaya yakni bantuan langsung masyarakat. Dan ada beberapa program-program bagaimana cara menangkap ikan dan mempersiapkan benih ikan yang baik.

Terkait keluhan warga harga ikan yang mahal di pasaran, khususnya di Kota Jayapura, terangnya, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi sebetulnya bisa mengontrol harga ikan yang mahal, dengan harga satuan yang ada.

Hanya saja, terangnya, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi juga diharapkan meningkatkan tenaga pengawasan lapangan, sehingga harga ikan yang dijual sesuai dengan harga standar, yang telah ditetapkan pemerintah.

“Jika harga ikan terus-menerus terpantau baik, maka harga ikan sesuai satuan. Jadi tak masalah,” katanya.

Kemudian yang penting, tuturnya, makan ikan itu sehat, kuat dan menjadikan anak cerdas atau masa depan cerdas. “Jadi kesehatan dan kekuatan akan lebih baik, kalau mengkonsumsi ikan,” ujarnya.

Karenanya, lanjutnya, ia menyarankan kepada seluruh warga Papua jangan lupa konsumsi ikan setiap hari. Apalagi ikan tak punya efek yang menyebabkan penyakit lain malah dia memberikan protein yang besar.

“Protein hewani yang terbesar itu kan ada pada protein ikan, sehingga omega-omega yang ditemukan saat ini dapat memberikan penyembuhan pada penyakit dalam. Tapi juga kecerdasan bagi anak-anak di masa mendatang. Karena itu, makan ikan itu menjadi penting,” jelas dia.

Leave a Reply