COpyright @ Sentani News (Sigit)

Boven Digoel (Sentani News) – Sudah hampir 1 bulan lamanya Tim Ekspedisi NKRI koridor Papua Selatan berada di Merauke dan Boven Digoel. Banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Ekspedisi, salah satunya adalah melaksanakan komunikasi sosial dengan para tokoh masyarakat Papua atau lazimnya dikenal dengan anjangsana.

Tujuan dari anjangsana yaitu untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi serta menggali berbagai informasi dan keterangan yang berkaitan dengan tugas yang dijalani. Kali ini kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Ekspedisi adalah melaksankan anjangsana ke rumah tuan dusun Asikie Distrik Jair kabupaten Boven Digoel yaitu Melkie Tenorop.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 15 September 2017 ini sangat berbeda dari biasanya. Karena kali ini peran Satgas Pamtas Yonif 310/KK yang sedang bertugas di sektor Asikie bukan seperti biasa yang selalu menjadi pengawal atau pengaman Tim Ekspedisi. Akan tetapi satu orang personel dari Satgas Yonif 310/KK Sersan Kepala Japar Alisidik menjadi penghubung antara Tim Ekspedisi dan tuan dusun.

Berbekal pengalaman penugasan disektor Asikie yang sudah dijalani selama 7 bulan, Serka Japar sudah benar benar menjalin kedekatan dengan para tokoh masyarakat maupun tokoh adat yang ada di asikie salah satunya Tuan dusun Melkie Tenorop.
Banyak pertanyaaan yang diajukan oleh tim ekspedisi kepada Tuan dusun Melkie Tenorop khususnya tentang silsilah adat, silsilah pembagian Tanah/Hutan, hak adat/Tanah, potensi Pengolahan Hutan/tanah yang ada diasikie sampai tuan dusun pun bercerita tentang adat dan kebiasaan nenek moyangnya dulu.

Perbincangan dan obrolan yang begitu akrab dan hangat itu tidak lepas dari peran Personel Satgas Yonif 310/KK Serka Japar yang begitu suple dan sederhana membawa suasana antara tim ekspedisi dan tuan dusun Melkie Tenorop. Adapun dari tim ekpsedisi NKRI yang melaksanakan kegiatan anjangsana ke Tuan dusun dipimpin oleh Rachmawati. SP relawan bidang penelitian kehutanan asal Universitas Sebelas Maret Surakarta beserta empat orang rekannya yang membidangi penelitian kehutanan dan penelitian sosial budaya dan adat istiadat.

Selama kegiatan anjangsana berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Diakhir kegiatannya, tim ekspedisi berterima kasih kepada Komandan Satgas Yonif 310/kk yang telah mendukung terlaksananya kegiatan anjangsana tersebut sehingga dapat berjalan lancar dan berhasil mendapatkan begitu banyak informasi dan keterangan yang begitu banyak untuk digunakan sebagai bahan laporan dan penelitian guna ditujukan untuk kepentingan rakyat khususnya masyrakat asikie distrik jair kabupaten boven digoel. (Sigit)

Sumber : sentaninews.com

Leave a Reply