Peserta ekspedisi NKRI 2017 tiba di Merauke (Foto: Dok. Mabes TNI)
Sebanyak 797 orang peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Merauke, Papua, pada Kamis (3/8), setelah 10 hari menempuh perjalanan laut dari Pelabuhan Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta.
Peserta yang terdiri dari kalangan peneliti, akademisi, TNI, dan Polri, itu berlayar pada Senin (24/7) menggunakan Kapal Perang jenis LST (Landing Ship Tank) TNI Angkatan Laut, KRI Teluk Bintuni-520, dengan Komandan Kapal Letkol Laut (P) R Yusup Yanto, M.Tr.Hanla.
Kedatangan para peserta Ekspedisi NKRI disambut oleh Wakil Komandan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan S.I.P, dan Koordinator Ekspedisi NKRI 2017, Kolonel Inf Dwi Anggono.
Peserta ekspedisi NKRI 2017 tiba di Merauke (Foto: Dok. Mabes TNI)
Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Asep yang merupakan Korem 174/ATW Kodam XVII, meminta para peserta ekspedisi menghormati adat istiadat daerah setempat, agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Para peserta Ekspedisi NKRI diharapkan selalu menjaga dan perhatikan faktor keamanan, apalagi para peserta banyak yang masih baru pertama kali datang ke Papua Bagian Selatan,” ujarnya dalam rilis Tim Media Ekspedisi NKRI 2017, Kamis (8/3).
“Selamat bertugas, semoga sukses, berikan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat Papua, sebagaimana tujuan Ekspedisi NKRI,” imbuh Brigjen Asep dalam sambutannya.
Peserta ekspedisi NKRI 2017 tiba di Merauke (Foto: Dok. Mabes TNI)
Sementara itu Koordinator Ekspedisi NKRI, Kolonel Inf Dwi Anggono, mengatakan di Merauke para peserta akan dibagi ke dalam lima Subkorwil, yang tersebar di lima wilayah kabupaten.
“Subkorwil 1 di Kabupaten Asmat meneruskan perjalanan dengan KRI Teluk Bintuni-520, Subkorwil 2 di Kabupaten Mappi, Subkorwil 3 di Kabupaten Merauke, Subkorwil 4/Mindiptana di Kabupaten Boven Digoel, dan Subkorwil 4/Tanah merah juga di Kabupaten Boven Digoel namun menggunakan jalan darat,” jelas Kolonel Dwi.
Untuk diketahui, Ekspedisi NKRI merupakan kegiatan yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat dengan menunjuk Komandan Jenderal Kopassus selaku Komandan Ekspedisi, dan Danrem wilayah setempat sebagai wakil Komandan Ekspedisi NKRI.

Leave a Reply