Skip to main content

Manajemen TSE dan masyarakat Kampung Naga, Boven Digoel, bersama-sama menanam bibit pohon bersama di area Koperasi BDM pada Sabtu (18/9)

BOVEN DIGOEL – PT Tunas Sawa Erma (TSE), bagian dari TSE Group, menanam pohon buah-buahan bersama masyarakat lingkungan Kampung Naga, Boven Digoel, Sabtu (18/9). Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menghijaukan area di sekitar perusahaan dengan melibatkan komunitas setempat.

Kegiatan penanaman dilakukan di lahan seluas 10 hektare (ha) di Kampung Naga, tepatnya di area Koperasi Bog Dagon Mandiri (BDM). Sebanyak 500 bibit pohon telah disediakan TSE yang terdiri dari bibit pohon durian dan jeruk. Saat acara peresmian, pihak manajemen dan masyarakat menanam 50 bibit secara simbolis.

Sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, peserta kegiatan penanaman mengenakan masker dan rutin mencuci tangan. Pihak TSE turut membagikan masker kepada masyarakat untuk membantu mencegah penyebaran virus.

General Manager TSE Rudi Hermawan berharap, bibit-bibit yang sudah ditanam dapat memberikan dampak positif dari sisi lingkungan. Di sisi lain, nantinya, masyarakat dapat memanfaatkan hasil panen untuk dijual ke pasar. Dengan begitu, pendapatan dan kesejahteraan mereka dapat meningkat sekaligus menciptakan kemandirian ekonomi bagi warga sekitar.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat membantu ekonomi masyarakat sehingga mereka dapat memiliki penghasilan cukup dan bisa mengembangkan daerah ini bersama-sama,” tutur Rudi.

Selama proses penanaman, perwakilan TSE mengajarkan kepada masyarakat mengenai cara pemilihan bibit berkualitas serta cara menanam bibit pohon yang baik. Rudi juga menekankan perannya masyarakat untuk menjaga bibit pohon demi memastikan produktivitas tanaman di kemudian hari.

Tidak hanya berhenti di sini, TSE juga mengajak warga untuk menanam pohon untuk tujuan pelestarian lingkungan maupun kemandirian ekonomi.

Masyarakat Kampung Naga merasa antusias untuk turut andil dalam kegiatan penghijauan ini. Ketua Marga Mikan-Onggan-Kereke, Ignasius Mikan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada TSE yang sudah rutin memberikan dukungan yang bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi warga.

“Kami berterima kasih kepada perusahaan yang sudah memberikan tanaman ini dan memberikan contoh menanam yang benar, supaya kami juga bisa menikmatinya nanti. Harapannya, TSE bisa terus membantu dan memperhatikan masyarakat,” ujarnya.

Melalui program Corporate Social Contribution (CSC), TSE Group kerap memberikan kontribusi terhadap lingkungan. Sebelumnya, pada Juli 2021, PT Berkat Cipta Abadi (BCA) yang merupakan unit usaha TSE Group di Merauke, Papua, mengadakan kampanye pelestarian lingkungan. Dalam kegiatan tersebut, BCA memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan flora dan fauna, terutama terhadap jenis yang hampir punah.

Selain di bidang lingkungan, CSC TSE Group juga mencakup sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur. Program-program ini merupakan wujud kepedulian TSE Group untuk membangun kehidupan masyarakat di lingkungan perusahaan yang harmonis dan sejahtera. (Besse Sarifa Innong/ PPA Humas S&C)