Copyright @ Sentani News (Sigit)

Boven Digoel (Sentani News) – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/Kidang Kancana menggelar kegiatan nonton bareng film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI di kampung yang berada diwilayah perbatasan negara. Bertempat di lapangan Futsal Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel layar yang berukuran 5 x 10 meter sudah digelar sejak sore hari.

Dansatgas Yonif 310/KK , Letkol Inf Cecep Kurniyawan, S.I.P mengatakan, pemutaran film G30S PKI ini ditujukan kepada Masyarakat yang berada di Kampung Asiki dengan tujuan agar masyarakat setempat mengerti dan memahami sejarah kelam bangsa Indonesia pada peristiwa pengkhianatan yang terjadi saat tanggal 30 September 1965 dan juga memperkuat pondasi ideologi Pancasila serta mengingatkan Pancasila kita pernah diuji eksistensinya oleh komunis di masa lalu,”

Film G30 S PKI diproduksi tahun 1984, yang disutradarai oleh Arifin C Noer memang sarat akan nilai-nilai sejarah kelam bangsa Indonesia.
Film ini akan terus mengingatkan anak-anak bangsa akan sejarah bangsa ini,
Sesuai pesan proklamator kita Ir. Soekarno “jas merah”, jangan sekali kali melupakan sejarah.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, untuk melaksanakan nonton bareng sampai dengan tanggal 30 September nanti.

Antusias masyarakat Kampung Asiki ternyata sangat tinggi. Kurang lebih 500 orang masyarakat hadir dalam acara tersebut. Mereka saling berbaur duduk bersama-sama di area lapangan futsal yang dijadikan tempat untuk menonton film.

Menurut Kepala kampung Asiki, Bapak Sbastianus Taetenon, “acara nonton bareng film G30S PKI ini baru pertama kali dilaksanakan di tempat kami, masyarakat disini sangat senang, karena kita tahu sendiri bahwa masyarakat disini sangat haus akan hiburan, selain terhibur, masyarakat juga dapat mengetahui sejarah Indonesia”, ujarnya.(Sigit)

 

Sumber : sentaninews.com

Leave a Reply