Skip to main content

Kebun Percontohan di Kampung Asiki Mulai Digarap

By October 3, 2022November 4th, 2022Asiki News3 min read

Foto: Proses pelepasan benih ikan di kolam penangkaran

BOVEN DIGOEL – Tim Penggerak PKK (TP PKK) Boven Digoel melaksanakan kunjungan ke lokasi kebun percontohan PKK dan kolam penangkaran ikan yang berada di Kampung Asiki, Distrik Jair, Kab. Boven Digoel, Papua pada Minggu (2/10).

Di sini, Ketua TP PKK Boven Digoel Veronika Yaluwo bersama sejumlah anggotanya melakukan penanaman padi perdana di atas lahan masyarakat yang sebelumnya sudah dipersiapkan oleh TSE Group ini. Rombongan PKK sambil ditemani perwakilan TSE Group kemudian menyempatkan diri untuk mengecek kolam penangkaran ikan yang ada di sana.

Adapun kebun percontohan seluas 25 x 25 M ini telah dibersihkan dan difasilitasi oleh pihak TSE Group dengan bedengan, pagar dan keramba. Selain padi, ke depannya tanaman sayur-sayuran seperti cabai dan jagung juga akan ditanami di kebun percontohan ini. Untuk bibit, pupuk dan benih ikan disediakan oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultural, Peternakan dan Perikanan (TPHPP). Pihak TSE Group, khususnya di bagian persemaian juga terus memantau perkembangannya.

Veronika Yaluwo, menyampaikan bahwa kebun percontohan hasil kerjasama dengan pihak TSE Group merupakan solusi bagi masyarakat Papua dalam menerapkan metode pertanian yang benar. Sebab dengan keberadaan kebun percontohan ini masyarakat dapat melihat langsung cara pengelolaan budidaya tanaman sayur dan penangkaran ikan yang tepat.

Kebun percontohan PKK yang disiapkan oleh pihak TSE Group merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara TSE Group dengan pihak tim penggerak PKK Boven Digoel dalam pertemuan yang diselenggarakan di Tanah merah pada 20 Agustus 2022 lalu. Kerjasama ini merupakan aksi nyata dari pihak perusahaan dalam berkontribusi untuk pengembangan lingkungan dan peningkatan sentra ekonomi mandiri masyarakat Papua.

Seorang warga memberi pakan ikan di kolam penangkaran

Foto bersama timm penggerak PKK dan pihak perusahaan

Sementara itu, pada Senin (10/10), Dinas Tanaman Pangan Holtikultural, Peternakan dan Perikanan (TPHPP) Kab. Boven Digoel bergantian melakukan kunjungan ke kebun percontohan dan kolam penangkaran ikan tersebut. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kunjungan tim penggerak PKK Kab. Boven Digoel sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, Tim dari Dinas TPHPP yang didampingi oleh Daniel Sim Ayomi S.Sos, SH, MPA selaku perwakilan perusahaan dari PT Tunas Sawa Erma melepas benih ikan ke kolam penangkaran ikan yang berada di kebun percontohan PKK. Benih ikan sebanyak 850 ekor ini terdiri dari benih ikan mas, nila dan lele.

Kolam penangkaran ikan yang berada di samping kebun sayur-sayuran ini menyimpan banyak manfaat untuk tanaman karena menyediakan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang berguna bagi kesuburan tanaman.

Niko Saran selaku Kepala Dinas TPHPP menyampaikan bahwa kebun percontohan PKK dan kolam penangkaran ikan yang dibantu oleh pihak perusahaan ini berpotensi besar dalam menunjang kemandirian masyarakat Papua dalam berdikari melalui budidaya tanaman dan ternak ikan. “Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan TSE Group dalam rangka pemberdayaan masyarakat sekitar,” ujarnya. (PR)