Skip to main content

Kolaborasi Perusahaan dengan Masyarakat Dalam Menjaga Lingkungan

By May 28, 2024Asiki News2 min read

Foto: Memperkenalkan beragam jenis flora dan fauna endemik menjadi salah satu cara untuk melahirkan SMART Generation di Papua Selatan

 

BOVEN DIGOEL – Permasalahan lingkungan seperti perburuan liar memang menjadi pekerjaan rumah yang belum selesai, khususnya di Papua. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan masyarakat terhadap berbagai macam fauna yang dilindungi dan terancam punah serta masih adanya kepercayaan masyarakat akan khasiat dari untuk mengonsumsi jenis fauna tertentu.

Didorong isu-isu lingkungan yang terus berkembang, Tunas sawa Erma (TSE) Group memperkenalkan kepada siswa-siswi SMPN 1 Terek Subur Distrik Subur, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, berbagai jenis flora dan fauna yang harus dilindungi dan dilestarikan bersama melalui materi yang bertajuk “Flora dan Fauna Endemik Papua”. Lewat materi ini siswa-siswi dijelaskan tentang hewan dan tanaman yang harus dilindungi berdasarkan undang-undang, serta manfaat baik dari tumbuhan endemik tersebut bagi kesehatan tubuh kita.

Frederika Kawab, siswa SMPN 1 Terek Subur, Distrik Subur mengatakan dia baru mengetahui jenis flora dan fauna endemik yang dilindungi di Papua Selatan seperti kura-kura moncong babi setelah mengikuti kegiatan Edukasi Sosial yang digelar oleh TSE Group pada Selasa (30/4).

Sementara itu Maria Goreti selaku kepala sekolah SMPN 1 Terek Subur menyambut baik kegiatan ini. “Siswa-siswi mendapat pengetahuan dan pembelajaran baru tentang flora dan fauna yang harus dijaga, dan kami siap menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran para generasi muda,” ungkapnya.

Selain memperkenalkan beragam jenis flora dan fauna endemik yang terdapat di Papua Selatan, pihak perusahaan juga mengajak siswa-siswi untuk menjadi agen-agen hijau yang memiliki pengetahuan dan kepedulian yang tinggi dalam melestarikan alam. Sehingga di masa depan mereka mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga keseimbangan ekosistem agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya.

Siswa-siswi terlihat begitu antusias mengikuti materi tersebut. Akhir dari kegiatan ini, tim Edukasi Sosial memberikan kuis berhadiah untuk siswa-siswi yang mampu menjawab pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan.

Kegiatan Edukasi sosial merupakan bagian dari kontribusi sosial TSE Group di pilar Pendidikan melalui program Corporate Social Contribution (CSC) yang bertujuan untuk pemberdayaan lingkungan sosial masyarakat Papua yang berkelanjutan. (Humas)