Skip to main content

Menyibak Kisah di Pedalaman Papua Melalui Layanan Pengobatan Gratis

By May 31, 2024July 1st, 2024Asiki News2 min read

Foto: Petugas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan kesehatan dasar untuk seorang ibu dan anaknya di Kampung Watemo

BOVEN DIGOEL – Pedalaman Papua menyimpan banyak kisah. Namun layaknya hutan belantara yang rapat oleh hijaunya pepohonan, kisah-kisah tersebut harus disibak untuk dipahami lebih dekat. Hal inilah yang dilakukan oleh Tunas Sawa Erma (TSE) Group yang terus menjelajah sudut-sudut terpencil Papua guna menebarkan kebaikan yang bisa dinikmati oleh sesama saudara di Papua.

Kali ini TSE Group lewat kegiatan Corporate Social Contribution (CSC)-nya hadir untuk menyediakan pengobatan gratis bagi masyarakat Kampung Watemo, Distrik Ki, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan, pada Jumat (31/5).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim medis dari klinik TSE Group ini menemukan beberapa jenis penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat, seperti flu, batuk, demam dan penyakit kulit yang banyak dialami oleh anak-anak.

“Setelah dilakukan pemeriksaan sakit yang dialami oleh masyarakat kampung Watemo ini bervariasi mulai dari flu batuk, demam serta penyakit kulit yang dialami oleh anak-anak,” ujar dr. Iqbal Ibrahim dokter dari Klinik TSE Group.

Selain karena cuaca yang kian tidak menentu, pola hidup yang kurang bersih memicu munculnya penyakit tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik itu pihak perusahaan juga memberikan edukasi kesehatan mengenai penerapan pola hidup yang bersih dan sehat kepada masyarakat. Dalam hal ini tim medis dari klinik TSE Group mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh, seperti mempraktekkan cara menyikat gigi yang benar kepada anak-anak, juga bagaimana cara mengolah makan yang bersih.

Anak-anak Kampung Watemo diajarkan tata cara menyikat gigi yang baik dan benar

 

Seorang petugas kesehatan sedang memeriksa seorang anak laki-laki yang mengidap penyakit kulit

Bagi masyarakat Kampung Watemo, kegiatan ini bukan sekadar pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat, tapi juga menjadi momen untuk membangun hubungan yang lebih erat antara perusahaan dengan masyarakat. “Saya berharap kedepannya perusahaan melakukan kegiatan seperti ini lagi. Jadi kami di kampung ini bukan hanya mendapatkan pelayanan dari Distrik saja, akan tetapi dari perusahaan juga agar masyarakat selalu sehat,” ungkap Kosmas Site selaku kepala kampung Watemo.

Seluruh rangkaian kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial TSE Group melalui program Corporate Social Contribution (CSC) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berada disekitar areal operasional perusahaan. (Humas)