Skip to main content

PT BCA Lakukan Pemantauan dan Pengawasan Kualitas Air di Kali Waterno

By December 2, 2022December 22nd, 2022Asiki News2 min read

FOTO: Pengambilan sampel air di Kali Waterno oleh tim dari PT BCA

 

MERAUKE – PT Berkat Cipta Abadi (PT BCA) melakukan uji lingkungan pengambilan sampel kualitas air, untuk memantau parameter kimia pH (potential hydrogen) air di Kali Waterno, Wilayah PT BCA, Distrik Ulilin, Kab. Merauke, Papua Selatan pada Kamis (1/12).

Pelaksanaan kegiatan pengujian pH air yang secara rutin dilakukan setiap bulan ini, dilakukan oleh Tim Lingkungan yang terdiri dari pihak ISPO, Humas, Umum, tim laboratorium CPO dan Masyarakat.

“Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk bersama-sama mengetahui kualitas air permukaan di kali-kali yang ada di sekitar PT BCA. Demi keterbukaan kepada seluruh stakeholder, kami melakukan kegiatan ini dengan melibatkan beberapa pihak,” ungkap Daun Napa Dualalo selaku Manager Perencanaan dan Penanggung Jawab ISPO.

Ia juga menambahkan bahwa pemantauan kualitas air kali yang selama ini dilakukan pihak perusahaan, hasilnya masih berada dalam kondisi yang aman untuk kehidupan biota air.

Pemeriksaan kualitas air dilakukan dengan cara mengambil 200 ml sampel air permukaan di dua titik lokasi yaitu di hulu dan hilir Kali Waterno. Kemudian sampel air dari kedua titik lokasi tersebut akan diperiksa oleh pihak Laboratorium menggunakan alat pH Meter yang berfungsi untuk mengukur kadar pH dalam satu larutan. Hasil uji sampel air saat itu menunjukan bahwa nilai konsentrasi pH air permukaan Kali Waterno di hulu 6.40 dan hilir 6.46, dimana nilai konsentrasi pH air tersebut berada dalam kategori memenuhi standar baku mutu kualitas air yakni pH 6 – 9. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Hasil sample air di hulu Kali Waterno

 

Tim Lingkungan Melakukan Pemantauan dan Pengawasan Kualitas Air di Kali Waterno

 

PT BCA merupakan bagian dari TSE Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam bidang perkebunan kelapa sawit dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. (Fionny/Paskalis/Humas TSE)