Skip to main content

TSE Group Gelar Lomba Edukasi Perdana

By May 19, 2023June 5th, 2023Asiki News3 min read
Foto: Siswa-siswi peserta lomba cerdas cermat tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di sekitar perusahaan

Foto: Siswa-siswi peserta lomba cerdas cermat tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di sekitar perusahaan

BOVEN DIGOEL – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Jumat (19/5), Tunas Sawa Erma (TSE) Group menggelar lomba cerdas cermat tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Lomba ini diadakan sebagai upaya untuk membangun kepercayaan diri sekaligus memotivasi siswa-siswi yang bersekolah di desa-desa kecil di Papua.

Mengusung tema “Generasi Cerdas Generasi Cermat”, kegiatan yang berlangsung di Ruang Training TSE Group, Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan ini diikuti oleh para siswa-siswi dari tujuh sekolah SMP yang berada disekitar area perusahaan, yaitu SMPN 1 Asiki, SMPN Camp 19, SMPN Jair, SMPN Ujungkia, SMPN Mam, SMPN Terek Subur dan MTS Nurush Shobah.

Dalam pelaksanaannya lomba cerdas cermat dibagi ke dalam dua babak, yakni babak Penyisihan dan Final. Pada babak penyisihan, ketujuh MP tersebut harus berkompetisi dengan menjawab 25 soal yang disiapkan panitia. Tiga sekolah yang mendapatkan nilai tertinggi, berhak masuk ke babak final.

Setelah melewati babak penyisihan, tiga sekolah yang berhasil masuk ke babak final kembali berhadapan untuk memperebutkan  gelar juara. Tiga sekolah tersebut adalah MTS Nurush Shobah, SMPN 1 Jair dan SMPN 1 Asiki. Peserta dari tiga sekolah ini kemudian beradu wawasan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Sekolah yang behasil menjawab dengan tepat, mendulang poin demi poin. Sekolah yang meraup poin terbanyak ditetapkan sebagai juara.

Setelah perjuangan yang sengit di babak final, sekolah MTS Nurush Shobah keluar sebagai Juara Pertama dengan perolehan nilai 1.600, SMPN 1 Jair meraih Juara Kedua dengan perolehan nilai 750 dan SMPN 1 Asiki sebagai Juara Ketiga dengan perolehan nilai 700.

General Manager Tunas Sawa Erma (TSE) Group, Park Jibae dalam sambutannya menyampaikan bahwa kalah ataupun menang merupakan hal yang biasa dalam setiap perlombaan. Yang terpenting adalah semua peserta patut berbangga karena merupakan perwakilan terbaik dari masing-masing sekolah. “Semoga perlombaan ini dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri sekaligus motivasi belajar dan pihak perusahaan akan selalu mendukung kegiatan seperti ini,” ujar Park Jibae.

Foto bersama para pemenang lomba cerdas cermat dan situasi ketika lomba berlangsung

Foto bersama para pemenang lomba cerdas cermat

Foto bersama para pemenang lomba cerdas cermat dan situasi ketika lomba berlangsung

Situasi ketika lomba berlangsung

Lomba cerdas cermat ini juga merupakan hal yang baru pertama kali dilaksanakan sekolah-sekolah yang ada di sekitar area perusahaan. Pihak lembaga pendidikan sangat senang dengan adanya perlombaan yang difasilitasi oleh perusahaan.

“Kami dari lembaga pendidikan yang berada di kawasan perusahaan sangat berterima kasih sekali atas atensi yang diberikan pihak perusahaan yang telah mengadakan kegiatan seperti ini sebagai bentuk dukungan terhadap sekolah-sekolah yang berada di pedalaman Papua. Harapan kami semoga kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan,” ungkap Klementina Apay selaku Wakil Kepala Sekolah SMPN Asiki ketika diwawancara.

TSE Group merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. (Fionny/TSE)