Walaupun dalam suasana bulan Ramadan, kegiatan upacara ini berlangsung dengan khidmat dan lancar. Seluruh lapisan Masyarakat Asikie mulai dari Kepala Distrik Jair, Danramil Getentiri, Kapolsek Jair, Kepala Kampung Asikie, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, anak-anak sekolah SD, SMP, SMA berikut Guru dari sekolah tersebut, Karyawan Korindo dan Masyarakat Kampung Asikie turut hadir dalam pelaksanaan upacara ini.

Pada saat upacara dibagian amanat, Dansatgas Yonif 310/KK, Letkol Inf Cecep Kurniyawan, S.A.P, selaku Inspektur upacara membacakan sambutan Presiden RI dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017. Sambutan Presiden RI merupakan himbauan, penekanan dan ajakan kepada seluruh Masyarakat Indonesia agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.
Selain itu, Presiden RI juga meminta agar Masyarakat Indonesia bersama-sama dalam menjaga perdamaian, persatuan, persaudaraan, saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, saling membantu untuk kepentingan Bangsa dan saling bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

Setelah selesai upacara, Dansatgas Yonif 310/KK bersama seluruh peserta upacara melaksanakan foto bersama di lapangan upacara. Selesai pengambilan gambar, Dansatgas Yonif 310/KK mengatakan, “Kami sangat senang dengan antusiasme yang ditunjukan oleh Masyarakat Kampung Asikie, kami berharap dengan dilaksanakannya upacara hari kelahiran Pancasila ini dapat menumbuhkan semangat Pancasila di dalam jati diri Masyarakat Kampung Asikie,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Distrik Jair, Yustisianus K Wiwaron mewakili Masyarakat Kampung Asikie mengatakan ini merupakan awal yang baik bagi kita semua, khususnya kepada Masyarakat Kampung Asikie, saya melihat jiwa Nasionalisme dan jiwa Pancasila Masyarakat Kampung Asikie ini sangat tinggi, selanjutnya saya ucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif 310/KK karena sudah menyelenggarakan upacara ini dengan baik. (ist/Fani)

Sumber: Pasificpos

Leave a Reply