Skip to main content

Bantu Pemerintah Dalam Kesehatan Masyarakat, PT TSE B Gelar Layanan Dokter Keliling

By May 26, 2023June 20th, 2023Asiki News3 min read
Foto bersama masyarakat di kampung Hobinangge, Distrik Ki, Kab. Boven Digoel, Papua Selatan

Foto bersama masyarakat di kampung Hobinangge, Distrik Ki, Kab. Boven Digoel, Papua Selatan

BOVEN DIGOEL –  Sebagai bagian dari upaya membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di bidang pelayanan kesehatan, Tunas Sawa Erma (TSE) B melalui klinik TSE menggelar layanan kesehatan gratis dengan mendatangi langsung rumah-rumah masyarakat melalui layanan Dokter Keliling. Layanan ini digelar di Kampung Hobinangge, Distrik Ki, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan, pada Jumat (26/5).

Pelayanan kesehatan gratis Dokter Keliling ini dilayani langsung oleh dr. Inggrid dan tim medis dari klinik TSE B. Sekitar 300 pasien yang terdiri dari balita, anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia (lansia) berkumpul di balai kampung Hobinangge.

Selama proses pemeriksaan, ditemukan beberapa penyakit yang dikeluhkan pasien orang dewasa dan lansia seperti sakit tulang belakang (Myalgia) dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Sementara pada anak dan balita banyak ditemukan penyakit diare.

“Bakti sosial kesehatan ini merupakan program CSC yang bertujuan agar seluruh masyarakat yang tinggal di pedalaman bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis melalui pemeriksaan secara massal serta layanan Dokter keliling. Jadi dalam tindakannya kami melakukan pemeriksaan tekanan darah, mengidentifikasi penyakit dan memberikan obat-obatan serta tambahan vitamin,” ujar dr. Inggrid.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, pihak klinik juga membagikan sikat gigi dan sabun mandi kepada anak-anak di Kampung Hobinangge secara gratis. Pihak klinik juga mengajarkan cara menggosok gigi yang baik dan benar untuk menjaga kesehatan gigi anak sejak usia dini.

Kegiatan bakti  sosial kesehatan Dokter Keliling ini merupakan bagian dari program CSC (Corporate Social Contribution) TSE B yang dilakukan dengan cara mengunjungi desa-desa terpencil yang berada disekitar area perusahaan. Hal ini merupakan salah satu wujud kontribusi perusahaan kepada masyarakat lewat tanggung jawab sosial dalam sektor kesehatan yang merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi.

Pelayanan Dokter Keliling di salah satu rumah masyarakat

Pelayanan Dokter Keliling di salah satu rumah masyarakat

Pemberian sikat gigi dan sabun gratis kepada anak – anak

Pemberian sikat gigi dan sabun gratis kepada anak – anak

“Saya selaku perwakilan dari masyarakat Kampung Hobinangge mengucapkan terima kasih  banyak atas kedatangan pihak perusahaan, dengan adanya pelayanan kesehatan gratis ini  masyarakat bisa mendapatkan pelayanan medis, di mana selama ini kami sangat sulit dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ungkap Finansius Bovi selaku Kepala Desa.

TSE-B merupakan bagian dari TSE Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab dalam aspek sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan. (Fionny/TSE)