Skip to main content

Gelar Pengobatan dan Penyuluhan Kesehatan, PT Dongin Prabhawa Jangkau Masyarakat Pedalaman Papua

By June 25, 2022July 14th, 2022Asiki News3 min read

Layanan pemeriksaan kesehatan oleh dokter dari Klinik PT DP

MERAUKE, 25 Juni 2022 – PT Dongin Prabhawa (PT DP) menjangkau masyarakat di ujung timur Indonesia, melalui program komunikasi bulanan dan bakti sosial kesehatan. Kali ini program rutin perusahaan menyasar masyarakat kampung Tagaepe, Distrik Ngguti, Kab. Merauke, Papua, pada Sabtu (25/6). 

Perjalanan  jauh dan medan yang cukup sulit untuk dilalui, tidak menyurutkan semangat pihak perusahaan untuk dapat berjumpa dengan masyarakat di kampung ini. Rasa letih akibat medan perjalanan yang sulit seolah terbayar setibanya di kampung Tagaepe, karena pihak perusahaan disambut dengan sangat hangat oleh masyarakat di sana. 

Kegiatan hari itu diawali dengan kolaborasi masyarakat dengan pihak perusahaan dalam pemasangan papan imbauan. Pemasangan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat dalam menjaga keanekaragaman hayati di luar areal perusahaan khususnya di kampung Tagaepe dan menjaga kebersihan di kawasan perlindungan air sungai agar bebas dari sampah juga limbah.

Kegiatan komunikasi bulanan dan bakti sosial kesehatan ini merupakan Program Corporate Social Contribution (CSC) rutin yang bertujuan untuk pengembangan lingkungan sosial masyarakat Papua yang berkelanjutan dan bagian dari program kepedulian perusahaan pada pelestarian lingkungan. 

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pihak perusahaan dan masyarakat, kami berharap masyarakat bisa menjaga sungai sebagai lingkungan hidup yang baik dan bersih,” ujar Beny Panjaitan selaku Manager ISPO PT DP. 

Setelah memasang papan imbauan, kegiatan dilanjutkan dengan layanan pengobatan gratis melalui program bakti sosial kesehatan yang dilayani oleh dr. Angga dan tim dari klinik PT DP. Penyelenggaraan layanan pengobatan gratis ini dilatarbelakangi oleh kurangnya layanan dan fasilitas kesehatan yang didapatkan masyarakat di kampung Tagaepe.  Lewat layanan pengobatan gratis, perusahaan  ingin membuka akses kesehatan sehingga setiap orang bahkan hingga yang tinggal di pedalaman bisa menikmati pelayanan kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan beberapa pasien yang mengidap penyakit darah tinggi dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), oleh sebab itu dr. Angga mengajak masyarakat untuk menjaga pola makan yang sehat, kebersihan diri, dan juga lingkungan. Selain pengobatan gratis, dr. Angga juga mengisi penyuluhan kesehatan terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga disosialisasikan juga kepada masyarakat.

“Kegiatan dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh pihak perusahaan di kampung kami sangatlah bermanfaat, kami jadi mengetahui bagaimana menjaga kesehatan melalui pola hidup yang bersih, dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kami lakukan setiap hari. Kedepannya kami berharap semoga pelayanan kesehatan bisa dilakukan lebih sering lagi,” tutur Yusak Gebze selaku kepala kampung seraya mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Seluruh rangkaian Kegiatan yang penuh keakraban di hari itu ditutup dengan makan bersama. Makanan yang dihidangkan merupakan hasil kolaborasi memasak antara mama-mama kampung dan pihak perusahaan dalam acara demo masak yang merupakan bagian dari program komunikasi bulanan.

PT. Dongin Prabhawa (PT. DP)  merupakan salah satu anak perusahaan dari TSE Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Papua dan memiliki komitmen kuat pada kebijakan No Deforestation, No peat, No Exploitation (NDPE) dalam mengelola perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan. (PPA/pr)