Skip to main content

Kebun Masyarakat di Kampung Ujung Kia Sambut Panen Perdana Kebun Masyarakat Dengan Derma Adat

By October 10, 2022October 27th, 2022Asiki News2 min read

Foto: Masyarakat Kampung Ujung Kia sambut panen perdana kebun masyarakat dengan ritual memanah babi

BOVEN DIGOEL – Panen perdana kebun masyarakat (plasma) di Divisi 15, Kampung Ujung Kia, Distrik Kia, Kab. Boven Digoel, Papua disambut sukacita oleh masyarakat setempat. Acara Derma (persembahan) adat dengan ritual yang dilakukan di blok tempat lokasi panen sebagai simbol rasa syukur.

Panen perdana kebun masyarakat melalui Koperasi Peran Serta Marga (PSM) ini berlangsung pada Sabtu (10/9). Sejak pagi, warga dengan memakai pakaian adat beserta kelengkapannya telah berkumpul demi menyelenggarakan ritual ini. Acara Derma adat berlangsung dengan lancar dan meriah. Setelah itu acara berlanjut dengan pemotongan pita secara simbolis yang menandakan keberhasilan panen perdana kebun masyarakat.

“Dengan adanya kebun masyarakat ini kami selaku pemilik hak ulayat menjadi lebih produktif dalam mengelola hasil kebun kami melalui koperasi,” ungkap Ambrosius Yasi mewakili masyarakat pemilik hak ulayat.

Kebun masyarakat merupakan bentuk kewajiban PT Tunas Sawa Erma (PT TSE) dalam memfasilitasi pembangunan lahan plasma seperti yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP). PP 26/2021 mewajibkan perusahaan perkebunan untuk menyampaikan laporan fasilitas pembangunan kebun masyarakat sekitar minimal satu tahun sekali kepada penerbit Perizinan Berusaha sesuai kewenangannya.

Panen perdana kebun masyarakat (plasma) di Divisi 15, Kampung Ujung Kia, Distrik Kia, Kab. Boven Digoel, Papua disambut sukacita oleh masyarakat setempat

 

Acara panen perdana ini dihadiri oleh pihak perusahaan, pihak koperasi dan masyarakat selaku anggota koperasi, tokoh agama umat Katolik (pastor), dan pihak TRIPIDIS (pimpinan distrik, DANRAMIL dan Kapolsek). Sambutan suka citapun disampaikan dari pihak perusahaan yang diwakili oleh Kim In Woog selaku Direktur PT. Tunas Sawa Erma.

“Hari ini merupakan panen perdana kebun masyarakat yang berada di divisi 15, harapan dari pihak perusahaan dengan adanya kebun masyarakat ini semoga masyarakat terutama pemilik hak ulayat dapat meningkatkan perekonomiannya”, Tuturnya.

PT TSE merupakan anak perusahaan dari Tunas Sawa Erma Group (TSE Group) yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. (HUMAS)