Skip to main content

Lewat Diskusi Sederhana PT TSE Jalin Komunikasi dengan Masyarakat Asiki

By July 20, 2022Asiki News2 min read

FOTO: Kebersamaan masyarakat Asiki dengan perwakilan PT TSE

BOVEN DIGOEL – Sebagian orang mungkin memilih kehidupan yang mewah dan luar biasa, namun ada juga orang-orang yang lebih menyukai sesuatu yang lebih sederhana. Semua itu tergantung bagaimana mereka memaknai kehidupannya.

Di kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua, nuansa kehidupan yang hangat nan sederhana begitu kental terasa. Selain karena sifat masyarakatnya yang bersahaja, kesederhanaan masyarakat kampung Asiki terbentuk karena pembangunan yang memang masih tersendat lantaran kondisi geografis yang berbukit-bukit.

Kesederhanaan masyarakat kampung Asiki begitu memikat perwakilan PT Tunas Sawa Erma (TSE) yang menggelar kegiatan komunikasi bulanan di sini pada Sabtu (25/6). Kegiatan komunikasi bulanan dilaksanakan di kediaman David Igiti selaku ketua marga, dan berlangsung begitu berkesan. Mungkin karena hidangan manis yang menemani sepanjang acara diskusi ringan ini berlangsung atau keramahtamahan masyarakatnya, yang jelas komunikasi bulanan ini begitu meninggalkan bekas di hati.

Diskusi digelar dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus pengembangan lingkungan sosial papua. Dalam kesempatan itu pihak perusahaan menyampaikan sosialisasi terkait budidaya tanaman durian melalui penayangan video budidaya tanaman dan motivasi berwirausaha.

Perusahaan berharap lewat pemutaran video ini mampu menggugah perasaan masyarakat untuk mandiri dalam pemanfaatan sumber daya alam guna meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi mereka, mengingat mayoritas masyarakat hidup dari hasil bercocok tanam.

“Saya berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah mengadakan kegiatan seperti ini dan saya berharap akan ada kegiatan seperti ini lagi,” tutur Markus Igiti anggota marga yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Komunikasi bulanan yang dilakukan PT TSE merupakan program Corporate Social Contribution (CSC) perusahaan yang bertujuan untuk pengembangan lingkungan sosial yang berkelanjutan. Memanfaatkan kegiatan yang berlangsung secara rutin ini perusahaan berupaya menguraikan program-program untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

TSE merupakan anak perusahaan dari Tunas Sawa Erma Group yang bergerak dalam bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Papua yang selalu mendukung kebijakan No Deforestation, No peat, No Exploitation (NDPE) dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan. (pr)