Skip to main content

PT BCA Kampanyekan Pelestarian Lingkungan di Kampung Selil

By June 27, 2021August 31st, 2021Asiki News2 min read

Perwakilan PT BCA bersama masyarakat setempat melakukan kampanye pelestarian flora lingkungan di area Kampung Selil, Papua, Sabtu (26/6)

MERAUKE, 26 Juni 2021 – Tunas Sawa Erma (TSE) Group melalui PT Berkat Cipta Abadi (BCA) melakukan kampanye pelestarian lingkungan hidup di Kampung Selil, Merauke, Papua, Sabtu (26/6). Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat setempat mengenai pentingnya perlindungan flora dan fauna, terutama terhadap jenis yang hampir punah.

Kampanye diawali dengan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat mengenai jenis-jenis hewan maupun tanaman yang perlu dilindungi. Adapun beberapa nama fauna yang kini sudah jarang ditemukan di Kampung Selil adalah kanguru, kura-kura muncung babi, burung cendrawasih dan burung bangau.Rangkaian kampanye dipimpin oleh Chanho Jung dari tim pelestarian alam dan sungai BCA yang didampingi 11 warga setempat. Kegiatan ini didukung penuh oleh masyarakat Kampung Selil yang memiliki keinginan sama, yakni agar kelestarian hutan di sekitarnya dapat terus terjaga hingga bisa dinikmati anak cucu mereka.

Selain itu, papan imbauan juga dipasang pada titik-titik strategis di pinggir hutan untuk menjaga flora dan fauna di dalamnya. Melalui papan tersebut, perusahaan turut mengajak warga untuk memelihara kebersihan aliran air sungai Anak Kali Bian, cabang dari Kali Mill, yang terletak di dekat Kampung Selil.

Kepala Kampung Selil Alfonso Renggam menyampaikan apresiasinya kepada BCA yang sudah terlibat dalam pelestarian lingkungan hidup. “Semoga dengan adanya papan imbauan ini, masyarakat tidak lagi berburu hewan dilindungi. Saya atas nama masyarakat Kampung Selil mengucapkan banyak terima kasih,” ucapnya.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, BCA dan anak-anak perusahaan TSE Group lainnya selalu berupaya berkontribusi dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Kepedulian ini dibuktikan dengan aksi nyata penanaman bibit pohon serta aksi bersih lingkungan yang dilakukan dengan mengajak berbagai unsur masyarakat, terutama masyarakat setempat.

Selain di bidang lingkungan, tanggung jawab sosial TSE Group juga mencakup sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur yang kerap disebut sebagai Corporate Social Contribution (CSC). Rangkaian kontribusi ini merupakan wujud kepedulian TSE Group untuk membangun kehidupan masyarakat di lingkungan perusahaan yang sejahtera dan harmonis. (Christian/PPA Humas S&C)