Skip to main content

PT BCA Tingkatkan Keterampilan Masyarakat dengan Memperkenalkan Olahan Produk Sagu

By October 19, 2022October 27th, 2022Asiki News4 min read

Foto: Kelompok tani sagu yang telah diberdayakan oleh perusahaan di bawah bendera TSE Group ini berkolaborasi dengan masyarakat sekitar dengan mengajarkan resep masakan baru

BOVEN DIGOEL –  PT Berkat Cipta Abadi (PT BCA) merupakan bagian dari Tunas Sawa Erma Group (TSE Group) yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua. Selaras dengan visi TSE Group, PT Berkat Cipta Abadi juga memiliki komitmen penuh dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Salah satu upaya yang dilakukan PT Berkat Cipta Abadi dalam melaksanakan tanggung jawab sosial adalah lewat peningkatan keterampilan masyarakat. Seperti pada Selasa (18/10) PT Berkat Cipta Abadi memperkenalkan resep hidangan kue dari produk sagu hasil pengembangan kelompok tani sagu. Resep ini dibagikan kepada masyarakat di Kampung Aiwat, Distrik Subur, Kab. Boven Digoel, Papua.

Kelompok tani sagu ini terdiri dari ibu-ibu PKK Kampung Aiwat yang telah diberdayakan oleh perusahaan melalui kegiatan wirausaha. Di sini kelompok tani sagu mengajarkan masyarakat sekitar cara mengolah sagu menjadi bolu cokelat dan sagu bakar.

PT Berkat Cipta Abadi dan TSE Group memahami bahwa di Papua, sagu memegang peranan penting karena menjadi makanan pokok masyarakat setempat. Tanaman sagu pun mudah ditemukan di mana saja dan sudah dikenal turun-temurun sejak nenek moyang orang Papua mampu bercocok tanam.

Selain untuk memperkaya wawasan kuliner masyarakat Kampung Aiwat, PT Berkat Cipta Abadi berharap dengan memperkenalkan produk olahan sagu bisa menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan produk sagu tersebut dan menghasilkan berbagai olahan makanan yang memiliki potensi ekonomis.

Tim dari PT BCA, salah satu unit usaha TSE Group mengajarkan cara menyikat gigi yang benar pada anak-anak Kampung Aiwat dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat

 

Di samping mengenalkan resep baru mengolah sagu, PT Berkat Cipta Abadi juga menggelar sosialisasi kesehatan terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai bagian dalam rangkaian kegiatan Komunikasi Bulanan dan Bakti Sosial ini. Sosialisasi dilakukan oleh dr. Iva Setia Ningsih dari klinik PT Berkat Cipta Abadi. Dalam penjelasannya, dr. Iva mengajak anak-anak kampung Aiwat untuk memperagakan sikat gigi yang benar. Karena menyikat gigi dengan rutin sejak dini, dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit.

Selain demonstrasi sikat gigi, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat juga digelar. Pemeriksaan kesehatan mencakup seluruh kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia.

“Dari hasil pemeriksaan, banyak yang saya temui mengalami penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) dan penyakit kulit terutama pada anak-anak karena pengaruh kebiasaan makanan dan minuman yang tidak sehat serta kebersihan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberikan mereka edukasi dan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan” ucap dr. Iva.

Pius Kanduga sebagai perwakilan masyarakat kampung Aiwat mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Berkat Cipta Abadi dan TSE Group karena sudah melaksanakan bakti sosial dan memberikan kami pengobatan. Saya harap kegiatan ini terus berlanjut,” ucapnya. Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan acara makan bersama makanan khas Papua dan opor ayam hasil masakan ibu-ibu kampung Aiwat yang berkolaborasi dengan pihak perusahaan dalam kegiatan demo masak pada hari itu.

Suasana keakraban dan penuh keharmonisan sangat terasa di sepanjang kegiatan Komunikasi Bulanan dan Bakti Sosial Kesehatan. Sebelumnya, PT Berkat Cipta Abadi juga melakukan kegiatan yang sama di kampung Selil pada bulan April 2022. Kegiatan kegiatan Komunikasi Bulanan dan Bakti Sosial Kesehatan merupakan bagian dari program Corporate

Social Contribution (CSC) PT Berkat Cipta Abadi yang bertujuan untuk pengembangan lingkungan sosial yang berkelanjutan.

PT Berkat Cipta Abadi merupakan salah satu unit perusahaan TSE Group, yang bergerak di Bidang Perkebunan Kelapa Sawit di Papua. sebagai unit perusahaan TSE Group, PT Berkat Cipta Abadi berpegangan pada lima pilar dalam mengelola program Corporate Social Contribution (CSC), yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan infrastruktur. (*)