Skip to main content

PT PAL Ajarkan Masyarakat Kampung Mutimangge Membuat Kue Tradisional Dari Bahan-Bahan Lokal

By November 27, 2022December 7th, 2022Asiki News2 min read

Demonstrasi pembuatan kue ongol-ongol antara pihak perusahaan dan masyarakat

MERAUKE Sagu dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Papua yang lezat, kaya karbohidrat dan mudah ditemukan di mana saja. Sagu biasanya diolah menjadi makanan tradisional seperti papeda dan sagu sep. Namun sagu juga dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan tradisional lain, seperti ongol–ongol. Hal inilah yang ingin didemonstrasikan oleh PT Papua Agro Lestari (PAL) kepada masyarakat Kampung Mutimangge, Distrik Ulilin, Kab. Merauke, Papua Selatan pada Sabtu (26/11).

Kue ongol-ongol biasanya terbuat dari tepung tapioka dan gula merah. Namun ternyata, mengganti tepung tapioka dengan sagu tidak membuat kue tradisional ini kehilangan kelezatannya. Cara membuat kue ini cukup dengan mencampur semua bahan-bahan seperti gula merah yang dicairkan dan tepung sagu dalam satu wadah yang dipanaskan, kemudian dan diaduk hingga menjadi padat dan kenyal. Kue ongol-ongol biasanya disajikan bersama parutan kelapa.

Dengan mengenalkan cara membuat Kue ongol-ongol berbahan dasar sagu ini, diharapkan masyarakat dapat terinspirasi dalam memanfaatkan sagu untuk menghasilkan berbagai jenis olahan makanan baik untuk dikonsumsi ataupun dijual kembali, guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain kegiatan demo masak, pihak perusahaan juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat. Melalui bakti sosial kesehatan ini masyarakat bisa menjangkau pelayanan kesehatan yang dibutuhkan, mengingat jauhnya fasilitas kesehatan dari kampung Mutimangge. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan yang baik antara pihak perusahaan dan masyarakat,” tutur Sutisna selaku Manager Humas PPA MGT.

Layanan pengobatan gratis oleh tim medis dari klinik PT PAL

Rangkaian kegiatan yang merupakan program Corporate Social Contribution (CSC) ini ditutup dengan penyerahan bantuan 10 paket jaring ikan untuk mendukung aktifitas ekonomi masyarakat di kampung Mutimangge. “Saya sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah melakukan kunjungan di kampung mutimangge,” ungkap Yeremias Maikuin selaku tokoh masyarakat.

PT PAL merupakan anak perusahaan dari TSE Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. (Fionny/Bryan/PR)

Pemberian bantuan berupa jaring ikan

Foto Bersama seluruh peserta bakti sosial

7