Skip to main content

PT TSE A Serahkan Bantuan Kandang & Ternak Babi di Kampung Naga

By May 30, 2023June 20th, 2023Asiki News3 min read
Foto bersama pihak TSE A dan perwakilan kelompok Tani Pangin Hutan Mbian di Kampung Naga

Foto bersama pihak TSE A dan perwakilan kelompok Tani Pangin Hutan Mbian di Kampung Naga

BOVEN DIGOEL – Kelompok tani merupakan pelaku utama yang berperan penting dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan perekonomian di suatu wilayah. Kelompok tani seringkali memanfaatkan hasil dari bertani maupun beternak untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Di Kampung Naga, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan misalnya, terdapat Kelompok Tani Pangin Hutan Mbian yang merupakan kumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan dan semangat untuk peningkatan pengembangan usaha.

PT Tunas Sawa Erma (TSE) A melalui program Corporate Social Contribution (CSC) berupaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Pangin Hutan Mbian dengan menyerahkan bantuan berupa kandang dan sebanyak enam ekor ternak babi pada Sabtu  (5/30).

Yohanes Sada Nanlohi selaku perwakilan dari perusahaan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihak perusahaan tidak hanya menyerahkan bantuan namun juga aktif membantu memberikan pendampingan agar usaha yang dijalani kelompok tani bisa berkembang lebih besar.

Bantuan kandang dan ternak babi secara simbolis diserahkan oleh pihak perusahaan kepada Kristina Doneti selaku ketua kelompok Tani Pangin Hutan Mbian. “Saya sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah mendukung dan peduli terhadap peningkatan ekonomi di kampung kami. Tentunya bantuan yang diberikan akan kami jaga dengan sebaik–baiknya,” ujar Kristina dalam sambutannya.

Sebagai komoditas ternak, babi sangat potensial untuk dijadikan peluang usaha di daerah Papua Selatan karena pasarnya yang cukup menjanjikan. Oleh karena itulah pihak perusahaan berharap bantuan ternak babi ini dapat dikembangkan oleh masyarakat melalui proses beternak yang berkelanjutan, sehingga hasilnya dapat terus menjadi salah satu penopang ekonomi masyarakat di Kampung Naga.

Foto: Penyerahan secara simbolis komoditas ternak babi dan Potret kandang Babi yang diserahkan kepada Kelompok Tani Pangin Hutan Mbian

Mengetahui hal tersebut Bein Leo Gembenop selaku Ketua RT Kampung Naga yang hadir pada acara penyerahan tersebut mengungkapkan rasa syukur. “Selaku perwakilan dari warga Kampung Naga saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak perusahaan atas bantuan ternak dan kandang babi ini, harapan kedepannya semoga masyarakat akan lebih produktif dengan adanya kandang dan hewan ternak ini,” tuturnya.

PT TSE-A merupakan bagian dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. (Fionny/TSE)