Skip to main content

TSE Group Ciptakan Generasi Emas Papua Melalui Pendidikan

By October 10, 2023October 18th, 2023Asiki News3 min read
Foto : Program Edukasi Sosial oleh TSE Group yang dilaksanakan di salah satu sekolah di Papua

Foto : Program Edukasi Sosial oleh TSE Group yang dilaksanakan di salah satu sekolah di Papua

PAPUA SELATAN – Tunas Sawa Erma (TSE) Group, sebuah grup perusahaan yang bergerak dalam industri perkebunan kelapa sawit di tanah Papua, terus berupaya menerapkan tata kelola perkebunan yang berkelanjutan dan berinovasi dalam mengedepankan kontribusi sosial dalam pengembangan lingkungan masyarakat Papua, termasuk di sektor pendidikan.

Pendidikan tak ubahnya pondasi untuk membangun potensi yang dimiliki oleh anak-anak. Namun seperti di daerah pelosok Indonesia lainnya, sektor pendidikan di pedalaman Papua sejatinya menyimpan segudang permasalahan. Keterbatasan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar hingga kurangnya ketersediaan tenaga pendidik, merupakan beberapa persoalan yang menjadi ‘pekerjaan rumah’ dari sektor pendidikan yang perlu dicari solusinya, baik oleh pemerintah maupun swasta.

Realisasi kepedulian TSE Group pada sektor pendidikan di Papua ditunjukkan dengan menyalurkan berbagai bantuan mulai dari seragam sekolah, dukungan peralatan penunjang kegiatan belajar mengajar, bus sekolah hingga pemberian beasiswa bagi anak-anak anggota marga melalui program Social Corporate Contribution (CSC) perusahaan.

TSE Group juga ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya generasi muda yang berada di Papua melalui beberapa program pelatihan keahlian. Seperti baru-baru ini TSE Group menggelar pelatihan keahlian servis sepeda motor injeksi dan mekanik motor tempel bagi anak-anak tuan dusun. Pelaksanaan program pelatihan ini bekerjasama dengan pihak Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sorong (BPVP). Lebih lanjut pihak perusahaan juga menjalin kerjasama dengan Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY) melalui Kementrian Pertanian Republik Indonesia Direktorat Jendral Perkebunan, telah berhasil memfasilitasi anak-anak tuan dusun untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi melalui Program Beasiswa Badan Pengelola Dana Pendidikan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

 Foto : Dukungan dari pihak perusahaan yang ditunjukan melalui pelatihan berbasis kompetensi kepada anak – anak tuan dusun

Foto : Dukungan dari pihak perusahaan yang ditunjukan melalui pelatihan berbasis kompetensi kepada anak – anak tuan dusun

Perjalanan TSE Group dalam meningkatkan mutu SDM di Papua, juga ditempuh lewat pembangunan karakter generasi muda dengan menghadirkan program EDUKASI SOSIAL (EDSOS). Pada program EDSOS, TSE Group membagikan materi terkait pengetahuan umum maupun sosial kepada siswa-siswi tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menegah atas (SMA) yang berada di wilayah Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Merauke. Materi-materi yang dihadirkan meliputi materi di bidang hukum, kewirausahaan dan kesehatan disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya.

“Tunas Sawa Erma (TSE) Group berupaya menghadirkan program-program dalam bidang pendidikan yang bertujuan membentuk karakter positif serta menambah wawasan pengetahuan kepada generasi muda Papua,” ucap pimpinan Humas TSE Group, Mr. Park Jibae.

TSE Group menghadirkan berbagai program di bidang pendidikan untuk melahirkan generasi-generasi emas yang kuat, sehat dan cerdas di tanah Papua. Program-program pendidikan yang kami hadirkan mengedepankan pembangunan karakter serta didukung dengan bantuan-bantuan dalam menunjang sarana dan prasarana pendidikan. (Humas)