Skip to main content

TSE Group Dukung Imunisasi Campak Massal di Boven Digoel

By June 10, 2023July 7th, 2023Asiki News2 min read

Foto: Pihak perusahaan bersama Puskesmas Distrik Jair melakukan imunisasi massal bagi Masyarakat

BOVEN DIGOEL – Guna menekan angka peningkatan penyakit campak yang menyerang anak-anak di Provinsi Papua Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel melalui Puskemas Distrik Jair bekerja sama dengan klinik Tunas Sawa Erma (TSE) Group melaksanakan Outbreak Respon Immunization (ORI) campak.

Imunisasi campak diberikan secara massal kepada anak-anak dengan rentang usia 9 bulan hingga 12 tahun di Klinik TSE Group Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, pada Sabtu (10/6). Mobilisasi imunisasi campak massal kemudian berlanjut dengan mengunjungi lokasi-lokasi pemukiman dan kampung yang berada di sekitar areal kerja TSE Group.

Barry selaku Kepala Puskemas Distrik Jair menjelaskan, bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk melakukan imunisasi pada anak mereka sejak dini. Padahal penyakit campak menular dengan cepat saat penderita mengalami batuk atau bersin. Campak dapat menyerang sistem kekebalan tubuh anak sehingga rentan terhadap berbagai infeksi. Imunisasi campak diperlukan untuk mencegah hal tersebut.

Veronika, salah satu orang tua dari anak yang menerima imunisasi campak mengungkapkan harapannya agar kedepannya tidak ada lagi kasus campak di wilayah Papua khususnya Kabupaten Boven Digoel. “Sebagai orang tua saya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan imunisasi massal yang dilakukan oleh pihak Tunas Sawa Erma Group dan puskemas, apalagi kasus campak cukup meningkat akhir-akhir ini,” ujarnya.

Berdasarkan laporan dari Dinkes Boven Digoel, terdapat 2.976 anak telah menerima suntikan imunisasi campak melalui kegiatan ini. Dari total jumlah tersebut tercatat sebanyak 2,611 anak berasal dari wilayah Distrik Jair, Distrik Subur, dan Distrik Ujung kia. Selebihnya sebanyak 365 anak dari wilayah Distrik Selil dan Distrik Ulilin.

Sebagai informasi, ORI merupakan standard operating procedure (SOP) apabila terjadi kejadian di suatu daerah, terutama karena penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi. ORI dapat memutus mata rantai penularan dan menutup kesenjangan imunitas sekaligus memberikan kekebalan serta membantuk herd immunity di masyarakat.

TSE Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan dan infrastruktur. (Fionny /TSE Group)