Skip to main content

TSE Group Memperkenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SD Negeri Camp PT PAL

By November 29, 2022December 22nd, 2022Asiki News2 min read

dr. Maria dari klinik PT PAL sedang mendemonstrasikan cara menggosok gigi yang benar

MERAUKEPerubahan terjadi dengan sangat perlahan di kehidupan masyarakat perdesaan yang jauh dari kota-kota besar. Perubahan pada masyarakat perdesaan, khususnya di bidang kesehatan tak akan berhasil tanpa melibatkan generasi-generasi mudanya.

Strategi inilah yang dilakukan oleh Tunas Sawa Erma Group (TSE Group) ketika melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri Camp PT Papua Agro Lestari (PAL), Distrik Ulilin, Kab. Merauke, Papua Selatan pada Senin (28/11). Sosialisasi dilakukan dengan menggandeng dr. Maria Novilia Basso dari klinik PT PAL yang memberikan penyuluhan kepada 65 pelajar.

Keceriaan tampak jelas di wajah para pelajar saat mengikuti penyuluhan kesehatan tentang bagaimana menjaga kebersihan ini. Pada kesempatan tersebut dr. Maria juga mengajarkan praktek mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar.

Bagi dr. Maria pengetahuan tentang PHBS ini sangat penting bagi pelajar karena kebersihan dan kesehatan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan anak-anak kedepannya. “Dengan mencuci tangan yang benar, rutin menggosok gigi, tidak membuang sampah dengan sembarangan dan mengkonsumsi makanan bergizi merupakan penerapan PHBS yang perlu ditanamkan sejak dini,” jelas dr. Maria saat penyuluhan.

Selain berusaha menciptakan generasi muda yang bersih dan sehat melalui penyuluhan kesehatan, hari itu pihak perusahaan juga berusaha menumbuhkan rasa nasionalisme dan mendorong para pelajar agar lebih berbakti dan cinta tanah air melalui penyampaian materi terkait Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

Antusiasme anak-anak SD N PT PAL saat mengikuti kegiatan sosialisasi PBHS

Salah seorang siswa maju ke depan kelas untuk menyebutkan Pancasila

Edukasi Sosial yang dihadirkan dalam bentuk penyuluhan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Contribution (CSC) TSE Group yang bertujuan untuk pengembangan lingkungan sosial masyarakat pedalaman Papua, khususnya dalam pilar pendidikan. Ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan para pelajar yang bersekolah di sekitar wilayah perusahaan.

“Kegiatan Edukasi sosial yang dihadirkan oleh pihak perusahaan sangat bermanfaat bagi anak – anak didik kami, apa yang disampaikan sangat memotivasi mereka dalam mengejar cita-cita,” tutur Maikel Yoseph S. selaku guru di SD Negeri Camp PT PAL. (Fionny/Bryan/PR)