Skip to main content

Tunas Sawa Erma Edukasi Peduli Lingkungan ke Warga Ujungkia

By November 2, 2021December 3rd, 2021Asiki News3 min read

TSE dan warga Ujungkia bersihkan sampah di area hutan, Sabtu (2/11)

BOVEN DIGOEL  – Tunas Sawa Erma Group (TSE) Group melalui PT TSE memberikan edukasi tentang merawat keberadaan hutan, flora dan fauna serta sungai kepada warga Kampung Ujungkia, Boven Digoel, Papua, Sabtu (27/11). Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk melestarikan lingkungan dengan menggaet masyarakat sekitar.

Sebelum memberikan edukasi, pihak TSE mengajak warga Kampung Ujungkia untuk membersihkan lingkungan pada areal hutan dan sungai di sekitar kampung. Kegiatan ini terutama ditujukan untuk mencegah terjadinya pencemaran air sungai.

Pimpinan TSE Bae Hong Ryol menyatakan keseriusannya dalam membantu masyarakat Kampung Ujungkia, terutama pada bidang lingkungan.  “Hutan dan sungai merupakan sumber penghidupan bagi banyak satwa dan tumbuhan di dalamnya. Oleh karena itu, kami akan terus mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kelestariannya,” ujarnya.

TSE juga menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan air sungai dengan tidak menangkap ikan menggunakan racun, serta tidak membuang kotoran (BAB) sembarangan. Dua kegiatan ini memiliki potensi besar untukmencemari air sungai dan merusak flora maupun fauna yang hidup di dalamnya.

Kegiatan edukasi dilakukan sembari memasang papan imbauan untuk tidak mengotori air sungai dengan membuang sampah dan limbah sembarangan. “Semoga papan ini bisa menjadi pengingat kita semua untuk terus melestarikan lingkungan,” kata Bae.

Dalam kesempatan tersebut, Staf Sustainability TSE Fabianus turut menyampaikan materi edukatif mengenai jenis-jenis tumbuhan dan satwa liar yang harus dilindungi. Beberapa di antaranya adalah anggrek hitam, sarang semut, matoa, kumis kucing, burung cendrawasih hingga kasuari.

Kampanye peduli lingkungan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat Ujungkia. Mereka antusias mendapatkan banyak informasi baru yang mendalam mengenai pelestarian hutan dan sungai.

Ketua Marga Misa, Ambrosius Yasi, berharap, kegiatan pelestarian lingkungan dapat terus dilakukan oleh TSE. “Semoga kedepannya, TSE banyak membantu warga Ujungkia,” ucapnya.

Kegiatan kampanye pelestarian lingkungan bukanlah hal baru bagi TSE Group. Sebelumnya, pada Oktober, TSE juga mengajak masyarakat Ujungkia untuk membersihkan sampah di areal kampung. PT Berkat Cipta Abadi (BCA) yang juga menjadi bagian dari TSE Group juga sempat mensosialisasikan pelestarian lingkungan untuke masyarakat Kampung Selil, Merauke.

Edukasi ini menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Contribution (CSC) TSE Group untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat. Selain di bidang lingkungan, kegiatan CSC juga mencakup bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur. (pr)